Menu Tutup

Begini Cara Mendapatkan Sertifikat K3

Cara Mendapatkan Sertifikat K3

Cara Mendapatkan Sertifikat K3 – Tidak susah memahami cara mendapatkan sertifikat K3 di zaman seperti sekarang ini. Sertifikat K3 memang penting untuk keberlangsungan sebuah perusahaan. Semua karyawan di dalam perusahaan harus memiliki kompetensi untuk mendapatkan sertifikat K3. Nantinya, perusahaan akan mendapatkan predikat baik jika semakin banyak yang memilikinya. Berikut adalah penjelasan singkat tentang cara mendapatkannya:

Cara Mendapatkan Sertifikat K3

Cara Mendapatkan Sertifikat K3

1. Cari Informasi Tentang Pelaksanaan Sertifikat K3

Sertifikat K3 dilaksanakan oleh kementerian tenaga kerja (kemenaker) dan badan nasional sertifikasi profesi (BNSP). Khusus BNSP dijelaskan pada Undang-Undang Nomer 13 Tahun 2003. BNSP merupakan lembaga independen yang mana sebagai fasilitator bahan rujukan perusahaan untuk mendapatkan pengakuan dalam bidang K3. BNSP juga mendukung persaingan sehat di antara tenaga kerja yang tersebar.

Legalitas mengenai poin ini juga sudah tertuang pada peraturan pemerintah. Bagi yang sudah yakin akan kemampuan dirinya di bidang K3, bisa langsung memilih sertifikasi yang dilaksanakan oleh BNSP. Namun, di BNSP perlu melakukan ujian lagi untuk mendapatkan surat ijin operasional dan surat penunjukan. Hal tersebut berbeda dengan sertifikasi yang dilakukan oleh kemenaker.

2. Pilih Tempat Pelatihan K3 Yang Tepat

Tempat pelatihan K3 tidak asal pilih. Izin merupakan hal pertama yang perlu dikantongi tempat pelatihan K3. Tempat pelatihan K3 banyak, namun belum tentu memiliki izin dari pemerintahan pusat. Untuk itu, pilihlah dengan tepat. Lokasi tempat pelatihan K3 juga mempengaruhi pilihan yang dimiliki.

Baca Juga :  Keselamatan Kerja Pelatihan K3 Untuk Lingkungan Kerja yang Aman

Jika cara mendapatkan sertifikat K3 melalui BNSP sebenarnya tidak memerlukan poin ini. Di BNSP memang tidak memerlukan sertifikat pelatihan untuk dilampirkan.  Informasi tempat pelatihan K3 sudah menyebar di dunia maya. Bisa ditanyakan terlebih di nomer yang tertera. Gali lebih dalam tentang sistem yang ada di dalam tempat pelatihan.

3. Pengalaman Kerja Diperhitungkan

Sertifikat K3 memperhitungkan pengalaman kerja yang dimiliki. Hal tersebut dikarenakan teori kadang tidak sebanding lurus dengan apa yang ada di lapangan. Untuk itu, terdapat proses dalam penilaian kompetensi yang memerlukan pengetahuan ketika berada di lapangan.

Disarankan untuk memiliki pikiran terbuka agar banyak informasi yang didapat mengenai K3. Sering melakukan diskusi dengan pakar K3 juga menjadi langkah yang bagus. Saat bekerja jangan hanya diam saja, usahakan semakin aktif meskipun baru saja ditempatkan di perusahaan yang bersangkutan agar semakin banyak ilmu K3 yang bisa dipelajari.

4. Pertimbangkan Dengan Dana Yang Dimiliki

Untuk mendapatkan sertifikat K3 perlu biaya yang terbilang cukup tinggi. Oleh sebab itu, lakukan perencanaan dengan baik. Disarankan untuk mendiskusikan dengan bagian keuangan yang dimiliki.

Banyaknya karyawan atau orang yang sekaligus ikut bisa mempengaruhi biaya yang dikeluarkan khususnya dalam hal pembinaan. Bisa saja tidak mengadakan pembinaan atau malah mengadakan pembinaan langsung di tempat perusahaan bukan datang ke tempat pelatihannya. Pertimbangkan dengan seksama hal yang berkaitan dengan dana dan jangan sampai mengalami kerugian.

5. Lakukan Kelengkapan Berkas Dan Laksanakan Ujian

Setiap perusahaan yang ingin mengangkat karyawannya untuk mendapatkan sertifikat K3 maka harus mengajukan permohonan kepada kementerian secara tertulis. Isi dari permohonan tersebut harus terdapat materai. Hal-hal yang perlu dilampirkan adalah daftar riwayat hidup karyawan sebagai calon penerima sertifikat K3. Surat keterangan sehat dan pernyataan bekerja di perusahaan bersangkutan juga diperlukan.

Baca Juga :  Kepanjangan Dari K3 Serta Tujuan Dan Fungsinya

Ijasah pendidikan terakhir dan sertifikat pembinaan atau pelatihan K3 yang telah dijalani diminta dilampirkan. Poin cara kelima ini sudah tertuang pada peraturan menteri tenaga kerja. Setelah berkas dinyatakan lengkap, karyawan mulai melaksanakan ujian yang dinilai oleh tim penilai yang dipimpin oleh Direktur Jenderal Bina Hubungan Ketenagakerjaan dan Pengawasan Norma Kerja.

Bagaimana cara mendapatkan Sertifikat K3?

Nah untuk mendapatkan sertifikat k3 anda dapat menggunakan cara di atas sebagai referensi atau solusi yang tepat. Jadi jangan ragu menggunakan cara yang telah kami ulaskan di atas.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Nah, cara mendapatkan sertifikat K3 yang dijelaskan di atas mudah bukan? Tinggal bagaimana diri kita mau atau tidak untuk menjalankannya. Perlu diketahui masa sertifikat adalah 3 tahun. Jika di perguruan tinggi sudah mendapat materi tentang K3 malah lebih bagus. Saat melakukan cara untuk mendapatkannya tinggal mengulang materi yang lalu.

Salam sukses – Jasa Konsultan ISO

error: Content is protected !!
× Klik untuk WA kami