Menu Tutup

Pentingnya ISO 14001 Tahun 2015

iso 14001 tahun 2015

ISO 14001 Tahun 2015 – Operasional perusahaan didukung dengan adanya lisensi dari organisasi internasional untuk standardisasi. Standard yang telah dikeluarkan menyinggung sistem manajemen yang berlaku di perusahaan. Setiap tahunnya, permintaan sertifikat ISO meningkat sesuai dengan jumlah perusahaan yang bermunculan. Di bawah ini adalah ulasan menarik yang membahas khusus tentang ISO 14001 tahun 2015.

ISO 14001 Tahun 2015

1. Berfokus Pada Sistem Manajemen Lingkungan

ISO memiliki beragam aspek yang ditinjau salah satunya adalah mengenai lingkungan. Untuk itu di ISO 14001 tahun 2015 ini, aspek yang diangkat adalah mengenai sistem manajemen lingkungan yang ada di perusahaan. Isi dari ISO 14001 ini disesuaikan dengan trend dalam kehidupan masyarakat. Hal tersebut sudah ditinjau salah satunya melalui survey.

Sistem manajemen lingkungan wajib diterapkan pada unit usaha atau perusahaan manapun. Dengan mempertimbangkan isu lingkungan di sekitarnya, ISO bisa didapatkan dengan mudah oleh perusahaan. Semakin baik sistem manajemen yang diterapkan, maka operasional perusahaan bisa terjamin lancar dan dibuktikan dengan adanya sertifikat ISO.

2. Memiliki 10 Klausul

Klausul dalam ISO 14001 pada tahun 2015 ini berjumlah 10 poin. Scope menjadi poin pertama dan dilanjutkan dengan poin normative references. Di ISO ini, terms and definitions menduduki urutan poin ketiga. Ketiga poin tersebut dijabarkan lebih rinci pada poin keempat yaitu context of the organization dan leadership di poin ke-5.

Dalam sebuah perusahaan tentunya ada perencanaan, maka dari itu di ISO ini juga terdapat klausul yang membahas mengenai hal tersebut.  Tidak ketinggalan juga mengenai support di posisi ke tujuh dan operation di posisi ke delapan. Sebagai penutup terdapat performance evaluation di posisi ke-9, sedangkan di posisi ke-10 klausulnya adalah improvement.

3. Tujuan Yang Mengarah Pada Lingkungan

Tujuan adanya ISO 14001 mengarahkan perusahaan pada aspek lingkungan. Sedangkan tujuan utamanya adalah meningkatkan kinerja di lingkungan yang ada. Penataan menjadi tujuan yang ada di ISO ini. Keterlibatan pimpinan dan karyawan nantinya bisa berjalan bersamaan secara seimbang saat melaksanakan ISO 14001 ini.

Keunggulan yang dapat bersaing dapat diperbaiki dengan efisiensi pada biaya. Peningkatan reputasi juga menjadi tujuan dalam penerapan ISO ini. Komunikasi strategis diharapkan dapat tercipta dengan adanya isu lingkungan yang diangkat. Poin pentingnya adalah tujuan di ISO 14001 2015 telah melalui proses penyempurnaan dari ISO 14001 sebelumnya.

4. Dokumen Dan Rekaman Yang Wajib

Di dalam ISO 14001 2015 ini mempunyai dokumen dan rekaman yang wajib untuk dilampirkan atau dipenuhi. Perusahaan harus memiliki kebijakan dan kriteria evaluasi lingkungan. Aspek lingkungan berkaitan dengan dampak secara rinci juga menjadi hal yang wajib. Dokumen wajib lainnya adalah sasaran lingkungan dan perencanaan, pengendalian, dan kesiapan tanggap darurat.

Rekaman wajib yang perlu ada di perusahaan adalah mengenai data kepatuhan, data pelatihan atau sejenisnya,  dan tindakan korektif. Jika diadakan audit internal, maka diharapkan juga ada rekamannya berupa program dan hasil auditnya. Tidak ketinggalan tinjauan manajemen dan risiko serta peluang yang diatasi dengan dibentuknya proses yang diperlukan atau strategi.

5. Dokumen Non Wajib

Ada beberapa dokumen non wajib yang juga bisa mendukung klausul yang sudah ditetapkan sebelumnya. Beberapa di antaranya adalah prosedur yang terdokumentasi tentang pengendalian rekaman dan dokumen, pengukuran dan pemantauan, dan audit internal. Evaluasi kepatuhan, tindakan perbaikan, dan penentuan konteks organisasi juga menjadi prosedur non wajib yang diharapkan dilampirkan.

Tidak ketinggalan juga daftar kompetensi karyawan. Hal tersebut dilengkapi dengan daftar pelatihan dan prosedur mengenai kesadaran sistem manajemen lingkungan pada karyawan. Jika ada bukti komunikasi mengenai sistem manajemen lingkungan atau ISO 14001 ini baik di internal maupun eksternal bisa dilampirkan juga sebagai dokumen non wajib.

Apa tujuan ISO 14001 Tahun 2015?

  • Meningkatkan kinerja lingkungan
  • Memenuhi kewajiban penaatan
  • Mencapai tujuan lingkungan

Lihatlah video menarik berikut ini :

Nah, menarik bukan ulasan yang ada di atas? Bagi perusahaan yang ingin melakukan transisi dari ISO 14001 tahun 2004 ke ISO 14001 tahun 2015, disarankan untuk secepatnya. Segera cari jasa penyedia sertifikat ISO yang terjamin sehingga produk perusahaan yang dimiliki bisa dipercaya oleh kalangan masyarakat manapun. Jika anda membutuhkan jasa konsultan iso maka anda dapat menghubungi kami melalui kontak di bawah ini :

Hubungi kami

Telp  : 021-5608771
Email : isomanajemen@gmail.com
Alamat : Jl.Graha Matapel (Lantai 4) Jl. Arjuna Utara no.46 Jakarta barat 11510

Salam sukses – Jasa Konsultan ISO

error: Content is protected !!
× Klik untuk WA kami