Menu Tutup

Persyaratan Dalam Materi ISO 9001 Yang Harus Dikuasai Perusahaan

materi iso 9001

Materi ISO 9001 – ISO merupakan organisasi tingkat internasional yang digunakan dalam standardisasi. Ketetapan materi ISO 9001 dimulai pada tahun 2008 dan berlanjut hingga tahun 2015. ISO memang sering kali berubah agar mutu dari setiap unit layanan, perusahaan, dan lainnya meningkat terus menerus. Mari simak persyaratan yang dijelaskan pada materi di ISO 9001 berikut ini.

Materi ISO 9001

Materi ISO 9001

1. Ruang Lingkup, Referensi Normatif, Ketentuan Dan Definisi

Persyaratan di materi ISO 9001 dimulai dari tiga hal dalam poin ini. Ketiga hal yang ada disesuaikan dengan isu dalam eksternal maupun internal perusahaan dan juga produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan. Sebelum memenuhi ketiga syarat utama ini, perusahaan disarankan untuk menunjuk pihak-pihak yang berkepentingan agar informasi yang didapat bisa relevan melalui perencanaan yang ada.

Pemangku kepentingan dalam materi di ISO 9001 juga berguna untuk proses transisi perubahan ISO. Meskipun ketiga syarat utama ini tidak berubah total, pemangku kepentingan harus siap untuk mengimplementasikan ISO yang terbaru dan harus mampu lolos dalam proses audit dan analisis. Jika syarat pembuka saja tidak lolos, maka syarat selanjutnya mengikuti.

2. Sistem Kualitas Manajemen dalam Materi ISO 9001

Di tahun 2015, persyaratan ini berubah menjadi konteks organisasi. Perubahan dari ISO 9001 2008 menuju 9001 2015 tidak dilakukan tanpa alasan. Setelah dilakukannya proses peninjauan oleh komite teknis, hasil survey, dan rekomendasi dari pengguna ISO sendiri, perubahan diputuskan. Belum lagi adanya tren dari sistem manajemen dan industri yang semakin melebar.

Persyaratan ini lebih menekankan pada sistem yang terdokumentasi. Metode, pengukuran, kriteria, dan lain sebagainya dijelaskan pada dokumen tertulis. Kejelasan sistem perencanaan yang ada menjelaskan seberapa siap manajemen menghadapi resiko dan peluang ke depannya. Hal tersebut menjadi informasi yang dapat menunjang kualitas manajemen perusahaan secara terus menerus.

3. Responsibilitas Manajemen

Di tahun 2015, persyaratan ini berubah lebih kompleks menjadi kepemimpinan. Hal tersebut selaras dengan prinsip pertama dan kedua dalam ISO 9001 ini yaitu fokus pelanggan dan kepemimpinan. Untuk prinsip ketiga yang awalnya hanya perihal keterlibatan orang menjadi keterlibatan dan kompetensi orang juga menjadi selaras dengan persyaratan poin ini.

Prinsip keempat yaitu pendekatan proses tidak ketinggalan untuk mendukung tercapainya persyaratan yang dijelaskan pada materi di ISO 9001. Seberapa besar peran manajemen sebagai pemimpin perusahaan diperhitungkan dalam ISO 9001 ini. Materi di ISO 9001 menjelaskan bahwa output perusahaan memiliki ketergantungan besar pada sinergi yang dilakukan manajemen dengan karyawannya.

4. Manajemen Sumber Daya Dan Realisasi Produk

Persyaratan poin ini dijalankan bersamaan dengan prinsip kelima yaitu sistem pendekatan manajemen yang menjadi pengembangan di tahun 2015. Tidak ketinggalan juga, prinsip keenam pengembangan berkelanjutan yang menjadi pembuatan keputusan yang diinformasikan. Ada juga prinsip mengenai pendekatan pembuatan keputusan secara faktual yang diganti menjadi manajemen kerjasama.

Persyaratan kali ini dulunya dijalankan berdasarkan prinsip manajemen pemasok juga, namun di tahun 2015 sudah dihapuskan. Pada tahun 2015, persyaratan ini dirubah menjadi perencanaan dan dukungan. Makna persyaratan di tahun 2008 dan 2015 memiliki tujuan yang sama yaitu untuk lebih meningkatkan kualitas produk dan jasa yang dihasilkan perusahaan.

5. Pengukuran, Analisis, Dan Peningkatan

Pada tahun 2015 dipecah menjadi poin ke delapan hingga sepuluh yaitu operasi, evaluasi kinerja, dan pengembangan berkelanjutan. Dengan dilakukannya pemecahan, maka kerangka kerja yang konsisten akan tersedia. Namun, persyaratan di tahun 2008 dan 2015 tetap sesuai dengan unit usaha industri manapun.

Ukuran dalam persyaratan ini adalah keefektifan yang didukung dengan istilah sederhana namun lebih kompleks pada materi di ISO 9001 yang terbaru. Hal tersebut bertujuan agar tidak ada pemahaman ganda dalam memaknai syarat ISO. Perusahaan dituntut untuk memenuhi persyaratan yang berjumlah total sepuluh di tahun 2015 dalam waktu yang tidak lama.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Ulasan di atas menjelaskan persyaratan sebagai salah satu yang dijelaskan dalam materi ISO 9001 2008 yang mengalami perubahan pada tahun 2015. Bagi orang awam, penjelasan di atas sudah terangkum secara ringkas. Materi ISO penting untuk diketahui semua kalangan karena efeknya dapat menekan pengeluaran dari pihak pemilik maupun pengguna produk dan jasa unit usaha. Anda membutuhkan jasa konsultan ISO? maka anda dapat menghubungi kami melalui kontak di bawah ini :

Hubungi kami

TelpĀ  : 021-5608771
Email : isomanajemen@gmail.com
Alamat : Jl.Graha Matapel (Lantai 4) Jl. Arjuna Utara no.46 Jakarta barat 11510

Salam sukses – Jasa Konsultan ISO

error: Content is protected !!
× Klik untuk WA kami