Menu Tutup

Pengertian OHSAS 18001, Tujuan & Komponennya

Pengertian OHSAS 18001

Pengertian ohsas 18001 – Ohsas merupakan singkatan dari Occupational Healt and Safety Assesment Series yang merupakan sebuah standar internasional untuk sistem manajemen kesehatan dan juga keselamatan kerja atau SMK3.

Pengertian OHSAS 18001

Pengertian OHSAS 18001

Tujuan ohsas dan juga sasaran yang termuat dalam SMK3 ini di antaranya menciptakan suatu sistem keselamatan dan juga kesehatan kerja dengan melibatkan unsur manajemen, tenaga kerja, serta kondisi dan juga lingkungan kerja dalam rangka mencegah dan juga mengurangi kecelakaan serta penyakit karena pekerjaan dan di sisi lain juga untuk menciptakan tempat kerja yang aman, efisien serta produktif.

Tujuan ohsas sendiri sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tujuan SMK3 yaitu meningkatkan kondisi kesehatan kerja dan juga mencegah terjadinya potensi kecelakaan kerja serta mencegah terjadinya potensi kecelakaan kerja karena kondisi K3 tidak saja menimbulkan sebuah kerugian secara ekonomis dan juga nono ekonomis yang membuat citra perusahaan menjadi buruk.

Ohsas 18001 ini menyediakan kerangka yang sangat efektifitas dari manajemen K3 termasuk salah satunya kesesuaian dengan peraturan perundang-undangan yang bisa di terapkan pada aktifitas-aktifitas yang dapat menimbulkan sebuah bahaya-bahaya.

Ohsas 18001 ini adalah dokumen yang di keluarkan oleh British Standars Institute atau BSI yaitu OHSAS 18001 : 1999. Ohsas ini di terbitkan oleh BSI dengan tim penyusun dari 12 lembaga standarisasi maupun sertifikasi beberapa negara di dunia.

Siapa saja yang dapat menggunakan OHSAS 18001?

Standar tersebut ini dapat di terapkan pada setiap organisasi yang ingin menghapuskan maupun meminimalkan resiko untuk setiap karyawan dan juga sebagai pemegang kepentingan lainnya yang berhubungan langsung dengan resiko K3 dengan menyertai aktifitas-aktifitas yang tersedia.

Tentu banyak sekali organisasi yang memiliki elemen-elemen yang di syaratkan oleh OHSAS 18001 yang bisa saling melengkapi untuk membuat lebih baik dari sistem manajemen terpadu sesuai dengan persyaratan standarnya.

Organisasi yang mengimplementasikan OHSAS 18001 sendiri memiliki struktur manajemen yang terorganisir dengan wewenang dan juga tanggung jawab yang tegas, sasaran perbaikan yang jelas, hasil pencapaian yang dapa dui ukur dan juga pendekatan yang terstruktur untuk menilai resiko.

Selain Pengertian OHSAS 18001 Kami juga memberikan ulasan Komponen OHSAS 18001

Nah kami berikan pengertian serta tujuan OHSAS selanjutnya kami akan memberikan beberapa komponen yang terdapat di dalam ohsas, nah di antaranya sebagai berikut :

  • Komitmen perusahaan dalam menerapkan sistem keselamatan kerja.
  • Merancang beberapa langkah yang akan dilakukan dalam rangka untuk menerapkan sistem keselamatan kerja.
  • Mengutamakan keutamaan keselamatan kerja yang menjadi satu prioritas utama.
  • Memeriksa dan juga melakukan koreksi terhadap sistem keselamatan kerja yang sudah dilakukan agar tetap stabil dan berjalan dengan baik.
  • Mengkaji apakah sebuah manajemen tetap berjalan dengan baik dalam melaksanakan sistem keselamatan kerja yang sudah dilakukan.

Nah dengan komponen tersebut tentunya hal utama yang di lihat adalah bagaimana melakukan usaha yang terbaik dalam penerapan sistem tenaga kerja yang tetap berjalan lancar tanpa kendala sedikitpun.

Tahapan sistem keselamatan kerja dalam OHSAS 18001

Nah untuk tahapan dari sistem keselamatan kerja tentu harus memulai dengan beberapa tahap yang harus di lalui seperti :

  • Identifikasi

Identifikasi ini sendiri merupakan salah satu tahap awal yang harus di lakukan dalam melihat apakah sebuah sistem dan juga fasiltas kesehatan yang terdapat di dalamnya memang sudah terpenuhi dan juga selanjutnya di sini anda mampu menjamin semua yang ada hubungannya dengan keselamatan kerja.

  • Persiapan dan Penerapannya

Nah setelah identifikasi, selanjutnya anda melakukan persiapan dalam memulai bagaimana prosedur keselamatan kerja dan juga sekaligus untuk menerapkannya secara perlahan pada seluruh aspek sebuah perusahaan maupun industri yang terkait.

  • Melakukan penilaian

Nah setelah itu penilain ini hanya sebagai tolak ukur yang sangat tepat apakah nantinya sebuah sertifikasi ohas 18001 memang layak untuk di peroleh atau tidak.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai pengertian OHSAS 18001, semoga informasi yang kami sampaikan di atas dapat bermanfaat banyak untuk anda.

Salam sukses – Jasa Konsultan ISO

error: Content is protected !!
× Klik untuk WA kami