Menu Tutup

Tujuan Program Manajemen Risiko

program manajemen risiko

Program Manajemen Risiko – Program manajemen risiko melibatkan penilaian, pengendalian, dan upaya meminimalisir atau menghapus risiko. Manajemen ini berhubungan dengan adanya risiko yang tidak diharapkan atau tidak dapat diterima. Selain itu, risiko yang ada tersebut juga dapat memberikan ketidakpastian dalam suatu usaha/bisnis. Hal yang merugikan tersebut dapat menjadi ancaman dalam berbisnis.

Program Manajemen Risiko

Program Manajemen Risiko yang Harus Anda Ketahui

Oleh karena itu, manajemen risiko penting untuk meminimalisir kekacauan yang akan terjadi. Proses pengaturan dengan perencanaan yang matang dapat mengurangi biaya berlebih yang harus perusahaan bayar. Adanya organisasi khusus yang berfokus pada manajemen risiko ini akan sangat membantu dalam keberlangsungan perusahaan. Berikut adalah tujuan dari program manajemen risiko :

1. Adanya Peningkatan Kinerja Perusahaan

Salah satu tujuan utama dari program manajemen ini adalah adanya peningkatan kinerja perusahaan. Baik karyawan maupun atasan akan menjadi lebih teliti dan terarah dalam kerjanya. Hal ini karena semua yang mereka kerjakan sedang dipantau dan dinilai. Dengan adanya program ini, seluruh komponen perusahaan merasa seolah diperhatikan.

Oleh karena itu, tak heran jika mereka bekerja dengan lebih giat lagi dan lagi. Inilah mengapa program manajemen ini dapat meningkatkan kinerja perusahaan.

2. Suatu Peringatan Untuk Lebih Hati-Hati

Hal lain yang menjadi tujuan dari program manajemen ini adalah menjadikan para karyawan lebih berhati-hati. Tak hanya karyawan, namun juga seluruh komponen yang ada di perusahaan tersebut. Adanya suatu organisasi yang bertugas untuk melakukan manajemen risiko, membuat kesalahan kecil komponen perusahaan dapat terlihat.

Oleh karena itu, segala peraturan yang ada wajib untuk ditaati dan tidak menjadikan perusahaan sebagai mainan. Selain itu, hindari larangan perusahaan dan lakukan hal terbaik untuk perusahaan.

3. Manajemen Lebih Proaktif

Dengan adanya program manajemen risiko, manajemen perusahaan menjadi lebih proaktif. Maksudnya adalah manajemen bertindak untuk sebisa mungkin mengurangi potensi risiko yang ada. Selain itu, manajemen yang ada juga dapat menjadikan manajemen risiko sebagai saingan mereka.

Tak heran jika setiap manajemen perusahaan selalu memberikan hal terbaik yang mereka bisa. Dari sini dapat diketahui bahwa manajemen risiko ternyata juga dapat mempengaruhi cara berpikir positif bidang manajemen lainnya.

4. Membentuk Kerangka Kerja Perusahaan

Program manajemen risiko menjadikan suatu perusahaan memiliki suatu kerangka kerja. Kerangka ini sangat berguna bagi bagi keberlangsungan perusahaan. Dengan adanya kerangka kerja, maka jelas sudah visi, misi serta tujuan dari perusahaan itu. Hal itulah yang akan selalu dipertahankan oleh manajemen risiko.

Kerangka kerja perusahaan menjadikan komponen perusahaan mengetahui hal apa yang tidak boleh dilakukan. Selain itu, mereka juga mengetahui hal apa saja yang boleh dilakukan dan dapat memberikan nilai positif. Oleh karena itu, setiap bidang manajemen suatu perusahaan mengetahui jelas peran mereka dalam perusahaan.

5. Usaha Melindungi Perusahaan Dari Kebangkrutan

Tujuan lain dari program manajemen ini adalah untuk melindungi perusahaan dari kebangkrutan. Adanya manajemen risiko membantu untuk memperkecil terjadinya risiko yang tidak diinginkan. Manajemen ini juga bertugas untuk menangani risiko yang ada dan jika perlu menghapuskan risiko tersebut. Hal inilah yang menjadi alasan bahwa manajemen risiko melindungi perusahaan dari kebangkrutan.

Selain itu, manajemen risiko juga berperan penting apabila ada masalah genting di perusahaan. Mereka harus mencari tahu jalan keluar serta penyelesaian dari masalah tersebut. Meskipun pada akhirnya nanti mereka juga berkolaborasi dengan manajemen lain untuk menyelesaikan masalah tersebut.

Langkah-langkah dalam proses manajemen risiko

  1. Risk Identification
  2. Risk Assessment
  3. Risk Response
  4. Implementation
  5. Evaluate and Review

Lihatlah video menarik berikut ini :

Demikian ulasan singkat tujuan program manajemen risiko yang perlu diketahui. Suatu manajemen yang wajib ada di suatu perusahaan. Terlebih lagi apabila perusahaan tersebut merupakan suatu perusahaan besar. Tujuan dari manajemen risiko sendiri sangat membantu bagi keberlangsungan suatu perusahaan.

Salam sukses – Jasa Konsultan ISO

error: Content is protected !!
× Klik untuk WA kami