Menu Tutup

Pengertian Dan Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan Bagi Perusahaan

sistem manajemen lingkungan

Sistem Manajemen Lingkungan – Dalam perusahaan maupun pabrik sekalipun kegiatan produksi barang haruslah memperhatikan lingkungan yang mungkin akan mendapatkan dampaknya. Oleh karena itu, kini banyak perusahaan maupun pabrik produksi yang mulai menerapkan manajemen lingkungan agar lingkungan tetap terjaga dan terpelihara dengan baik. Berikut ini uraian singkat mengenai pengertian sistem manajemen lingkungan dan manfaat penerapannya.

Sistem Manajemen Lingkungan

Sekilas Tentang Apa Itu Sistem Manajemen Lingkungan

Sistem manajemen lingkungan menurut ISO 14001 : 2004 adalah sistem yang meliputi struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, hingga pemeliharaan kebijakan lingkungan pada suatu perusahaan. Sistem ini merupakan bagian dari sistem manajemen lingkungan yang telah diakui secara internasional. Pengakuan secara internasional tersebut dibuktikan melalui sertifikat yang dikeluarkan oleh badan sertifikat di bawah koordinasi organisasi standar internasional.

Menurut Tibor dan Feldman,  manajemen lingkungan adalah bagian dari sistem manajemen yang terdiri atas struktur organisasi, rencana kegiatan, tanggung jawab, praktek dan prosedur. Disamping itu sistem manajemen lingkungan juga mencakup proses dan sumber daya untuk mengembangkan, melaksanakan, mencapai, mengkaji, hingga memelihara kebijakan lingkungan bagi perusahaan.

Manfaat Penerapan Sistem Manajemen Lingkungan Bagi Perusahaan

Setelah mengetahui pengertian dari sistem manajemen lingkungan baik menurut ISO maupun Tibor dan Feldman, berikut ini beberapa manfaat penerapannya. Penerapan sistem ini memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Manfaat tersebut diantaranya:

1. Perlindungan Terhadap Lingkungan

Salah satu manfaat penerapan manajemen lingkungan bagi perusahaan adalah terciptanya perlindungan yang baik terhadap lingkungan sekitar perusahaan. Dengan keadaan lingkungan yang terpelihara otomatis akan menjauhkan dari dampak buruk yang mungkin terjadi apabila lingkungan dibiarkan begitu saja tanpa dipelihara.

2. Memberikan Keuntungan Ekonomi

Lingkungan sangat berpengaruh terhadap proses produksi dalam suatu perusahaan. Apabila lingkungan terjaga dan aman dari hal buruk yang mungkin mengancam, maka proses produksi pun akan berjalan dengan lancar. Dengan fakta tersebut secara tidak langsung akan meningkatkan pendapatan dan profit secara material kepada perusahaan.

3. Menaikkan Reputasi Perusahaan

Seorang investor tentu akan dengan senang hati bekerja sama dengan perusahaan dengan reputasi yang baik. Untuk itulah ketika lingkungan perusahaan dan sekitarnya terjaga dengan baik maka otomatis akan menaikkan reputasi perusahaan. Hal ini dikarenakan perusahaan dianggap sangat memperhatikan masalah lingkungan dan hal-hal yang mungkin dianggap remeh oleh perusahaan lain. Dengan fakta itulah maka akan semakin banyak investor atau mitra yang berminat untuk menjalin kerja sama.

4. Memelihara Hubungan Baik

Pemeliharaan lingkungan tidak hanya penting bagi perusahaan saja, namun juga bagi masyarakat sekitar dan pemerintah. Penerapan manajemen lingkungan ini mampu memelihara hubungan baik antar elemen karena tidak akan menimbulkan dampak buruk akibat kecerobohan atau perusahaan yang tidak mematuhi aturan untuk menerapkan sistem ini.

5. Memberikan Jaminan Kepada Konsumen

Manfaat selanjutnya terhadap penerapan sistem ini adalah perusahaan memberikan jaminan kepada konsumen. Jaminan tersebut dalam bentuk komitmen terhadap pemeliharaan dan kepedulian lingkungan. Lingkungan yang bersih dan tertata tentu akan berpengaruh juga terhadap produk yang diproduksinya.

6. Menurunkan Resiko Kerusakan Lingkungan Oleh Perusahaan

Hal buruk karena faktor lingkungan tentu tidak dapat dicegah. Namun setidaknya dengan penerapan manajemen lingkungan mampu menurunkan resiko kerusakan lingkungan atau dampak buruk terhadap lingkungan yang disebabkan perusahaan. Oleh karena itulah manfaat penerapan sistem ini yaitu untuk menjaga lingkungan agar tetap stabil dan seimbang.

Lihatlah video menarik berikut ini :

Nah itulah uraian singkat mengenai pengertian dan manfaat penerapan sistem manajemen lingkungan bagi perusahaan. Peraturan yang dibuat dengan tegas dan kerja sama setiap anggota atau pegawai perusahaan adalah kunci dalam rangka pemeliharaan lingkungan. Sehingga dengan begitu tidak akan menimbulkan efek negatif bagi perusahaan. Jika anda membutuhkan jasa konsultan iso maka anda dapat menghubungi kami segera melalui kontak di bawah ini :

Hubungi kami

Telp  : 021-5608771
Email : isomanajemen@gmail.com
Alamat : Jl.Graha Matapel (Lantai 4) Jl. Arjuna Utara no.46 Jakarta barat 11510

Salam sukses – Jasa Konsultan ISO

error: Content is protected !!
× Klik untuk WA kami